Sabtu, 23 Februari 2008

Persiapkan Diri menuju tahun 2010

Persiapkan Diri Menuju Era Serba teknologi

Pontianak

2010 diprediksi sebagai era serba teknologi. Hal-hal yang diangap mustahil akan segera terwujud dan hal itu tidak akan lama lagi. Hal ini diungkapkan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph. D dalam seminar kemajuan teknologi dan masa depanku di hotel Kaapuas Palaace beberapa waktu lalu. Hal ini menjadi suatu warning bagi seluruh generasi, terutama bagi generasi penerus yang perjalannya masih sangat panjang.

Teknologi yang akan merajai dunia itu sudah terwujud beberaapa tahun lebih awal di negara-negara lain, tapi di Indonesia baru akan terwujud tahun 2010 nanti. Akan hadirnya masa-masa yang sarat dengan teknologi, menjadi suatu hal yang bisa dikatakan sebagai hal yang cukup menakjubkan, tapi dilain sisi juga menjadi suatu hal yang mengkhawatikan.

Menjadi suatu hal yang sangat menakjubkan sudah barang tentu. Betapa tidak, beberapa tahun mendatang, hal-hal yang ada disekitar kita yang berkaitan dengan aktifitas sehari-hari mengunakan alat yang memiliki kecangihan luar biasa. Alat-alat yang akan diciptakan nanti, akan membantu dan mempermudah kinerja manusia, dan manusia tidak perlu lagi mengandalkan hal-hal yang bersifat manual dan relatif lebih lambat.

Zaman yang serba cangih itupun bisa menjadi suplemen yang luar biasa (motifasi), bagi rakyat Indonesia untuk menumbuhkan rasa pentingnya pendidikan dalam kehidupan, dan tidak ada lagi istilah pendidikan hanya menghabiskan uang (pemikiran masyarakat yang masih memghitung-hitung materi yang harus dikeluarkan demi pendidikan anak-anaknya).

Mungkin hal ini akan menjadi hal yang cukup membantu bagi kalangan intelektual dan kalngan yang menguasai pasar, dalam artian memiliki taraf ekonomi lebih. Tapi bayangkan apa yang akan terjadi beberapa tahun mendatang pada masyarakat di Indonesia. Tidak semua penduduk Indonesia bahkan mungkin masih banyak penduduk yang tidak mengenyam dunia pendidikan dan apa yang akan terjadi pada mereka? Pasti hal ini akan menjadi momok yang sangat menakutkan, karena mereka akan merasa jauh tertinggal jika memang itu yang terjadi.

Masa yang nantinya akan mengandalkan alat-alat yang cangih dan mengunakjan tenaga robot, bahkan untuk teman bermain saja, nantinya akan memanfaatkan jasa robot. Apa yang akan terjadi pada kehidupan bermasyarakat, bagaimana sosialisasinya, jika manusia lebih memilih jalan praktis berinteraksi, bermain meminta bantuan pada robot yang luar biasa kecangihannya dibandingkan dengan manusia. Pendapat Aristoteles yang mengungkapkan bahwa manusia adalah mahluk sosial, mungkin tidak akan lagi digunakan.

Manusia sebagai mahluk sosial, artinya manusia hidup bermasyarakat dan membutuhkan orang lain dalam keseharinnya. Tapi jika manusia tidak lagi membutuhkan sesaama, dan lebih cenderung pada robot, fungsi maanusia sebagai mahluk sosial sedikit demisedikit akan terkikis dan tidak menutup kemungkinan akan ada temuan baru, bahwa manusia adalah maklhluk individual.

Jika beberapa tahun silam yang sering terdengar adalah Information Teknologi (IT), untuk masa mendatang yang akan membuming adalah Infomation Comunication Teknologi (ICT). Tidak hanya ICT yang akan menguasai. Teknologi yang akan muncul nanti adalah hasil kombinasi dari Nano teknolog, Bio Teknologi dan ICT itu sendiri. Perpaduan ketiga unsur tersebut akan menghasilkan bermacam-macam alat yang cangih yang bisa manfaatkan dalam keseharian. ICT yang memadukan kecangihan teknologi dan komunikasi, tidak menutup kemungkinan unversitas-universiatas yang memiliki jurusan komunikasi akan menjadi incaran calon mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan pula bebrapa perguruan tinggi akan mendirikan suatu jurusan atupun program studi baru yaitu komunikasi.

Teknologi yang akan merajai dunia itu menuntut semua orang waspada untuk menghadapinya. Waspada dengan perkembangannya yaitu dengan membentengi diri dengan ilmu yang memadai dan lebih jeli dengan informasi yang terus berkembang.

Tidak ada komentar: