Senin, 03 Maret 2008

Keluh Kesah No!!!

Dont be Keluh Kesah

Jangan khawatir apa pun yang kau lakukan saat ini, jika itu hal yang benar Alah akan memberikan yang luar biasa jangan khawatir akan janji Allah. Itu yang sering diungkapkan oleh seseorang kepada ku jika aku sedang krisis semangat. Ambar yakin dengan Allah kan? Tanyanya. Nah yakin jugalah pada janji Allah. Sesungguhnya sakit yang dirasakan oleh seseorang, itu akan menghapuskan dosa-dosanya. Rasulullah Saw bersabda:

“Apa yang menimpa seorang muslim, berupa kelelahan, kesulitan, kegelisahan, dan ganguan hingga duri yang menusuk tubuhnya, niscaya dengan itu Allah menghapus dosa-dosanya.” (Mutaffaq ‘alaih)

Apa yang ingin Rasulullah sampaikan pada kita semua umatnya? Terlalu banyak orang yang mengeluh pada kondisi yang dialaminya, padahal apa yang dilaminya juga dilalami oleh orang lain bahkan mungkin yang dialami oleh orang lain lebih sulit dan lebih sakit dari yang dialaminya. Manusia sering mengeluh jika sedang didera letih akibat pekerjaan yang menumpuk. Padahal ada hal lain yang lebih baik yang bisa dilakukan oleh orang tersebut. Membiasakan diri tidak mengeluh. Memang butuh latihan dan melakukan sesuatu tidak bisa serta merta. Dari hadist Rasullulah diatas, apa yang menimpa yang dirasakan oleh seorang muslim, baik kelelahan, kesulitan kegelisahan hingga duri yang menusuk anggota tubuhnya, dengan hal itu Allah mengugurkan dosa-dosa kita, bak dedaunan kering yang gugur dari pohonya, seperti sabda Rasul:

Setiap Muslim yang mendapat suatu kesakitan, seperti tusukan duri dan yang lebih besar dari itu, niscaya Allah SWT. Akan menghapus dosa-dosanya, seperti pohon menjatuhkan dedaunnya.” (HR. Bukhari)

Hal ini mengingatkanku pada seseorang yang selalu saja berusaha membuatku terus bersemangat dalam menjalani apa yang sedang kujalani. Salah satu bait kata-kata yang hingga saat ini terus lekat diingatanku adalah, Jangan pernah mengeluh, karena kalau mengeluh sebagian semangat kita hilang seiring keluhan kita itu, begitu kira-kira kata-katanya. Dari awal aku sepakat dengan hal itu, tapi dasar aku yang tak genah kali ya! Aku masih juga sering mengeluh dalam keseharianku. Padahal bukan hanya sekali dua orang-orang disekelilingku mengingatkan jika aku jangan menjadi orang yang merasa terbebani dengan apa yang sedang dilakukan dan mengeluh. Aku juga tau kalau Allah tidak suka dengan hambanya yang hobi mengeluh bahkan Rasulullah pun sudah mengajarkan untuk menjadi umat yang penuh semangat dan tidak menjadi umat yang penuh dengan keluh kesah dalam kehidupan sehari-hari.

Ya Allah beitu seringnya aku mengeluh selama ini! Padahal dalam kondisi sakitpun kita dilarang berkeluh kesah. Mengadukan rasa sakit yang didera pada sahabat dan mungkin pada Allah, itu boleh tapi jika dalam pengaduan itu tersirat keluahan, maka anda salah kaprah. Berhati-hati dalam mengungkapkan perasaan mungkin itu yang harus selalu di camkan. Bahkan dalam kondisi sakitpun kita harus senantiasa bisa memuji Allah dan mensyukuri kondisi yang kita alami.

Betapa sempurnanya Islam, bahkan hal yang terkecil pun Islam memiliki kaedah aturannya. Tapi aturan dalam Islam tidaklah seperti aturan yang ada di Indonesia. Mungkin selama ini masyarakta sangat lekat dengan kata-kata “aturan diciptakan untuk dilanggar”. Ya mengapa orang tak segan melangar aturan itu? Karena belum ada dampak yang dirasakan langsung. Coba kalau setiap pelangar aturan itu langsung mendapatkan aturan, pasti tertib lah Indonesia.

Yang pasti aturan yang ada dalam agama kita (Islam), bukalah aturan yang akan merugikan pengikutnya. Bahkan sebaliknya, adanya semua atuaran itu adalah demi kebaikan kita. Dont worry!!! Allah punya seseuatu yang luar biasa untuk hamba-hamba-Nya yang senantiasa patuh dan taat pada-Nya.

Tidak ada komentar: